Wuzz.. Jet-jet Tempur NATO Bakal Wara-Wiri Dekat RI, Ada Apa?

Suarabanuaku,- Jet-jet tempur negara-negara NATO bakal wara-wiri di dekat RI. Ini terkait latihan militer bersama “Pitch Black 2022” yang akan digelar di Australia.

Diperkirakan bakal ada 100 pesawat dan 2.500 personal militer bergabung. Mereka berasal dari 17 negara.

Bacaan Lainnya

Mengutip informasi dari laman resi Angkatan Udara Australia, latihan tersebut akan diselenggarakan pada 19 Agustus hingga 8 September 2022.

Latihan ini merupakan perdana dalam empat tahun. Pandemi global sebelumnya membuat kegiatan ditiadakan.

Perlu diketahui Australia bukan negara NATO melainkan mitra. Namun sejak 2005 keduanya sudah tergabung dalam sejumlah dialog dan kerja sama.

“Latihan tahun ini akan melihat kembalinya kekuatan gabungan ke langit Australia, meningkatkan interoperabilitas dan memperkuat hubungan,” muat¬†UKDefenseJournal, dikutip Kamis (18/8/2022).

“Partisipasi internasional dalam Pitch Black … akan memberikan pengalaman kepada semua personel negara dalam bekerja dengan pesawat terbang, sistem, dan praktik kerja, di lingkungan unik Australia utara, yang sebelumnya tidak akan dikenal,” kata Group Kapten Peter Wood, dikstip laman yang sama.

Diketahui negara NATO yang hadir antara lain Kanada, Prancis, Jerman, Belanda, Inggris dan AS. Ada pula mitra hadir, yakni Selandia Baru, Republik Korea dan Uni Emirat Arab.

Dilaporkan RI juga turut serta. Ini juga melibatkan India, Jepang, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Sementara itu, President Rusia Vladimir Putin sendiri telah mengecam aktivitas NATO di Asia-Pasifik. Menurutnya akan ada sistem mirip NATO yang dibuat di kawasan ini.

***di lansir dari CNBC***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *